Kamis, 12 Januari 2012

MULTIMEDIA


MULTIMEDIA
            Multimedia diartikan sebagai penggunaan berbagai jenis media secara berurutan maupun simultan untuk menyajikan suatu informasi. Multimedia digunakan untuk mendeskripsikan penggunaan media secara terpadu dalam menyajikan atau mengajarkan suatu topic mata pelajaran. Cirri-ciri unik suatu media dapat memperkuat satu sama lain dalam memperkaya pengalaman belajar.
            Multimedia saat ini sinonim dengan format computer-based yang mengombinasikan teks, grafis, audio, bahkan video ke dalam satu penyajian digital tunggal dan koheren. Lebih jauh, softwere multimedia dibentuk ke dalam hypermedia, yang memperkenankan siswa untuk memilih diantara unsur0unsur tersebut sesuai dengan gaya belajar dan kinginan pebelajar masing-masing. Multimedia merupakan interaktif yang sangat tinggi, mengajak pebelajar untuk mengikuti proses pembelajaran dengan memilih dan mengendalikan layar diantara jendela informasi dan penyajian media. Dengan multimedia berbagai gaya belajar pebelajar terakomodasi, seperti pebelajar yang auditori, visual, maupun kinestetik, sehingga pebelajar dapat memilih media yang sesuai dengan gaya media masing-masing.
            Tujuan penggunaan multimedia dalam pendidikan dan pelatihan adalah melibatkan pebelajar dalam pengalaman multi sensori untuk meningkatkan kegiatan belajar. Pada masa lalu, pengalaman yang paling dominan adalah kata-kata tertulis dan lisan yang melalui buku teks dan ceramah. Saat ini, dimanfaatkannya multimedia dan berbagai sumber informasi serta metode pembelajaran, pencapaian hasil pembelajaran diharapkan lebih meningkat. Multimedia menggunakan computer untuk menyusun informasi yang disimpan dalam berbagai bentuk, termasuk teks, gambar diam, grafis video, suara, music, efek suara (sound effect FX).
            Smaldino, dkk mengklasifikasikan multimedia sbb:
  1. Multimedia Kits, merupakan kumpulan bahan-bahan yang berisi lebih dari satu jenis media yang diorganisasikan untuk satu tofik. Jenis ini termasuk CD-Room, slids, audiotape, videotape. Gambar diam, model, media cetak, OHT, lembar kerja, gambar, grafis, objek.
  2. Hypermedia, merupakan media yang memilki komposisi materi-materi yang tidak berurutan. Hypermedia mengacu pada softwere computer yang menggunakan unsure-unsur teks, grafis, video, dan audio yang dihubungkan dengan cara yang dapat mempermudah pemakai untuk beralih ke suatu informasi. Pemakai dapat memilih cara yang unik sesuai gtaya belajar berfikir dan cara memproses informasinya sendiri. Hypermedia didasarkan teori kognitif tentang bagaimana sesorang menstruktur pengetahuannya dan bagaimana yang bersangkutan belajar.
  3. Media Interaktif, yaitu media yang meminta pebelajar mempraktekan suatu keterampilan dan menerima balikan. Media interaktif berbasis computer menciptakn lingkungan belajar multimedia dengan cirri-ciri baik video maupun pembelajaran berbasis computer. Ini merupakan suatu system penyajian pelajaran dengan visual, suara, dan materi video, disajikan dengan control computer sehingga pebelajar tidak hanya mendengar dan melihat gambar dan suara, tetapi juga member respon aktif.
  4. Virtual Reality, yaitu media yang melibatkan pengalaman multi sensori dan beerinteraksi dengan fenomena sebagaimana yang ada di dunia nyata. Virtual Reality merupakan aplikasi teknologi computer yang relative baru. Ada beberapa tingkat Virtual Reality, dari computer terjun ke lingkungan virtual, menambah atau berfartisipasi secara parsial, ke tingkat dekstop, berarti pemakai menggunakan computer untuk melihat jendela kenyataan.
  5. Expert System, yaitu paket softwere yang mengajarkan kepada pebelajar bagaimana memecahkan masalah yang kompleks dengan menerapkan kebijakan para ahli secara kolektif di lapangan. Setelah computer menjadi kenyataan para ahli tergugah oleh kenyataan sebagai pararel bagaimana otak manusia bekerja dan bagaimana computer dapat belajar sebaik mengulang dan menyusun informasi. Eksperimen para ahli tersebut membawa kepada permainan computer, sampai akhirnya pada apa yang disebut expert system.

REFERENSI
·         Prof. Dr. Sri Anitah, M. Pd, Media Pembelajaran, Surakarta: Yuma Pustaka, 2010.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar