FUNGSI DAN MANFAAT PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN
Peranan media pembelajaran sangat diperlukan dalam suatu kegiatan belajar mengajar. Guru dapat menggunakan film, televise, atau gambar yang untuk memberikan informasi yang lebih baik kepada siswa. Melalui media pembelajaran hal yang bersifat abstrak bisa lebih menjadi konkrit. Seacara khusus media pembelajaran memiliki bebrapa fungsi, diantaranya:
1) Menangkap suatu objek atau peristiwa-peristiwa tertentu
Peristiwa-peristiwa penting atau objek yang langka dapat diabadikan dengan foto, film, atau direkam melalui video atau audio, kemudian peristiwa itu dapat disimpan dan dapat digunakan manakala diperlukan. Misalnya guru dapat menjelaskan proses gerhana matahari yang langka melalui hasil rekaman video.
2) Memanipulasi keadaan, peristiwa, atau objek tertentu
Melalui melalui media pembelajaran, guru dapat menyajikan bahan pelajaran yang bersifat abstrak menjadi konkrit sehingga mudah dipahami dan menghilangkan verbalisme. Misalkan untuk menyampaikan bahan pelajaran tentang system peredaran darah pada manusia, dapat disajikan melalui film. Untuk objek atau benda yang terlalu besar (seperti: benda-benda langit, alat-alat perang, binatang buas, dsb), maka guru dapat memanfaatkan film slide, foto-foto, atau gambar. Sedangkan untuk objek/benda yang terlalu kecil (seperti: bakteri, jamur, virus), maka dapat dipelajari dengan memanfaatkan microscop atau micro projector.
Untuk memanipulasi keadaan, media juga dapat menampilkan suatu proses atau gerakan yang terlalu cepat yang sulit diikuti, seperti: gerakan mobil, gerakan kapal terbang. Atau gerakan yang telalu lambat, seperti: gerakan pertumbuhan tanaman, gerakan perubahan warna suatu zat.
3) Menambah gairah dan motivasi belajar siswa
Penggunaan media dapat menambah motivasi belajar siswa, sehingga perhatian siswa terhadap materi pembelajaran dapat lebih meningkat. Sebagai contoh, sebelum menjelaskan materi pelajaran tentang polusi, untuk dapat menarik perhatian siswa terhadap topic tersebut, maka guru memutar film dulu tentang banjir, atau tentang kotoran lembah industry.
4) Media pembelajaran memiliki nilai praktis, sbb:
· Media dapat mengatasi keterbatasan pengalaman yang dimilki siswa.
· Media dapat mengatasi batas ruang kelas
· Media dapat memungkinkan terjadinya interaksi langsung antara peserta dengan lingkungan
· Media dapat menghasilkan keseragaman pengamatan
· Media dapat menanamkan konsep dasar yang benar, nyata, dan tepat
· Media dapat membangkitkan motivasi dan merangsang peserta untuk belajar dengan baik
· Media dapat membangkitkan keinginan dan minat baru
· Media dapat mengontrol kecepatan belajar siswa
· Media dapat memberikan pengalaman yang menyeluruh dari hal-hal yang konkrit sampai abstrak
Media memiliki kontribusi yang sangat penting terhadap proses pembelajaran, diantaranya:
1 Penyempaian pesan pembelajaran dapat lebih terstandar
2 Pembelajaran dapat lebih menarik dan interaktif
3 Waktu pelaksanaan pembelajaran dapat diperpendek
4 Kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan
5 Proses pembelajaran dapat berlangsung kapanpun dan dimanapun diperlukan.
REFERENSI
- Wina Sanjaya, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Kencana, 2009.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar