TUJUH PRINSIP DESAIN MULTIMEDIA
Prinsip Desain | ES | GAIN | TES |
1. Pengaruh multimedia terhadap retensi: hasilnya lebih baik saat murid-murid menerima kata-kata dan gambar-gambar yang berkaitan daripada menerima kata-kata saja. | 0,67 | 23 | 6 dari 9 |
2. Pengaruh keterdekatan ruang dengan retensi: hasilnya lebih baik saat gambar-gambar dan kata-kata terkait disajika saling berdekatan daripada saling berjauhan. | 0,95 | 42 | 2 dari 2 |
3. Pengaruh keterdekatan waktu terhadap retensi: tidak ada retensi yang lebih saat segmen narasi dan animasi terkait disajikan simultan daripada disajikan secar suksesif. | 0,03 | 00 | 6 dari 8 |
4. Pengaruh koherensi bagi retensi: hasilnya lebih baik saat kata-kata, suara, dan gambar-gambar tambahan/ekstra tidak dimasukan daripada saat dimasukan. | 1,98 | 126 | 11 dari 11 |
5. Pengaruh modalitas terhadap retensi: hasilnya lebih baik saat kata-kata disajikan sebagai narasi daripada sebagai teks on-screen. | 0,77 | 28 | 2 dari 2 |
7. Pengaruh perbedaan individual terhadap retensi: pengaruh desain lebih kuat bagi yang berpengetahuan rendah daripada yang berpengetahuan tinggi | 0,60 | 157 | 2 dari 3 |
REFERENSI
· Richard E. Mayer, Multimedia Learning, New York: Cambridge University Press, 2001.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar